Holocaust, Antara “Kebenaran” dan Kemanusiaan

Oleh: Yerry Nikholas Borang

Tragedi kemanusian terjadi dari masa ke masa. Namun, hal itu tidak selalu menjadi tempat berkaca dan belajar. Padahal, kodrat dasar manusia adalah makhluk yang harus terus belajar. Membuat kesalahan berkali-kali tentu bukan tindakan cerdas dan “manusiawi”.

Munculnya kontroversi soal pembantaian sistematis oleh Nazi Jerman terhadap bangsa Yahudi pada masa Perang Dunia II (holocaust) tampaknya mendorong masyarakat di beberapa bagian dunia kembali menelisik peristiwa kelam tersebut. Fenomena serupa, justru menguat di Iran, negara yang para pemimpinnya menganggap holocaust sebagai propaganda kaum Yahudi.

Boleh jadi itulah alasan Penerbit Medpress menerbitkan buku Holocaust: Fakta atau Fiksi?. Selain buku itu, dari kantor yang sama dengan Medpress di Perum Notirto Elok II Jalan Irian Jaya, Yogyakarta, terbit buku Benarkah Nazi Membantai Yahudi?. Buku terakhir diterbitkan dengan bendera Penerbit Narasi. Kedua buku terjemahan ini karya Stephane Downing. Sayang sekali penerbit tidak menyebutkan asal-usul pengarang buku ini serta latar belakang dan hubungan penulis dengan tragedi holocaust. Patut pula disayangkan, buku ini tak mencantumkan judul asli. Bahkan, penerbit buku Benarkah Nazi membantai Yahudi? tidak mencantumkan nama penerjemah.

Kedua buku ini menampilkan secara mencolok foto Hitler, Kanselir Jerman yang naik ke tampuk kekuasaan tahun 1933 setelah Partai Nazi merebut mayoritas kursi parlemen saat pemilu, lengkap dengan lambang swastika. Mengingat para korban holocaust, masyarakat Indonesia tampaknya tidak terlalu peduli terhadap penggunaan lambang-lambang tersebut. Mudah-mudahan hal itu bukan soal ketertarikan.

Kedua buku yang secara panjang lebar menggambarkan holocaust ini cukup informatif. Misalnya, pencantuman sejumlah data yang tidak mudah dibantah para penolak holocaust. Terutama fakta di Eropa sejak abad pertengahan terjadi pembantaian dan perlakuan diskriminatif terhadap Yahudi. Pogrom berarti pembantaian, yang berasal dari Rusia, mulai terjadi secara besar-besaran terhadap kaum Yahudi sejak awal abad XX di Rusia dan Eropa Timur. Sebagian orang Yahudi yang tinggal di Jerman ataupun wilayah lain Eropa merupakan “nyawa saringan” dari pogrom di Eropa Timur.

Buku Holocaust: Fakta atau Fiksi? terjemahan Dwi Ekasari Ariyani terbitan tahun 2007 ini menarik karena mencantumkan kronologi holocaust dari tahun 1933 hingga 1945. Sejak berdiri Nazi telah menempatkan Yahudi dan bangsa minoritas lain, seperti suku bangsa Gipsi di Eropa, sebagai target untuk dimusnahkan. Meski demikian, buku ini tidak mencatumkan daftar pustaka agar pembaca dapat memeriksa lebih jauh data-data dan sumber penulisan.

Sebagai hasil terjemahan, buku ini sungguh menyiksa pembaca. Sepertinya penerjemah tidak telaten dan terasa terburu-buru merampungkan tugasnya. Akibatnya terjadi sekian banyak kesalahan penerjemahan. Misalnya saja, di halaman 146 paragrap kedua alinea kedua penerjemah menulis “para kriminal Tatar”. Namun, merunut kata asli bahasa Inggris (crimean Tatar), seharusnya kata itu diterjemahkan sebagai suku bangsa Tatar dari wilayah Crimean. Jelas terjemahan tersebut jauh menyimpang. Sayangnya kesalahan serupa bertebaran hampir di setiap halaman. Demikian juga pada buku Benarkah Nazi Membantai Yahudi?. Kesalahan itu terjadi mungkin karena penerjemahan yang terburu-buru atau ketidakcermatan.

Walaupun terjadi hal-hal yang sangat mengganggu pembacaan, secara umum buku ini patut dibaca sebagai materi awal untuk menguak “kebenaran” holocaust, peristiwa kelam yang dinyatakan negara-negara Barat sebagai kejadian yang tercatat sangat terperinci.

Judul: Benarkah Nazi Membantai Yahudi?
Penulis: Stephane Downing
Penerjemah: ?
168 Halaman
ISBN 979-168-040-x
Penerbit: Narasi, Yogyakarta
Cetakan Pertama, 2007
Judul: Holocaust Fakta atau Fiksi?
Penulis: Stephane Downing
Penerjemah: Dwi Ekasari Ariyani
172 Halaman
ISBN 979-222-189-1
Penerbit: Medpress, Yogyakarta
Cetakan Pertama, 2007

©2007 VHRmedia.com

Advertisements

Leave a comment

Filed under History

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s