Trash: antara pemulung dan koruptor

Trash - Anak-Anak PemulungTrash – Anak-Anak Pemulung by Andy Mulligan
My rating: 4 of 5 stars

Pernahkah terbayangkan, seperti apa hidup di tempat pembuangan sampah akhir? Seorang teman yang dulu sempat membuka sekolah untuk anak-anak yang tinggal di Bantar Gebang, tempat pembuangan sampah akhir untuk wilayah Jakarta, pernah bercerita, betapa anak-anak itu bisa dengan tepat membedakan truk-truk yang datang dari pasar induk, misalnya, dengan truk-truk yang datang dari wilayah elit di Jakarta seperti Pondok Indah dan Menteng.

Bila truk yang datang mengangkut sampah dari wilayah-wilayah elit itu, anak-anak pemulung yang tinggal di Bantar Gebang akan segera berlarian menghampiri truk itu. Bukan karena mengangkut banyak benda yang bisa mereka jual kembali dengan harga tinggi, tapi truk tersebut banyak membawa makanan sisa yang enak-enak, untuk mereka makan….

Saya teringat dengan cerita tadi saat membaca buku ini. Raphael Fernandez, Garbo, dan Jun – atau Tikus – tinggal di Behala, sebuah tempat pembuangan sampah akhir di Filipina. Awalnya, saya berpikir buku ini menceritakan semacam roman yang berisi kisah hidup ketiga anak tersebut, yang berujung bahagia. Bertemu lagi dengan orang tua mereka, misalnya.

Namun ceritanya justru jauh dari yang saya bayangkan. Raphael, Garbo, dan Tikus terlibat dalam sebuah petualangan yang berbahaya setelah Raphael menemukan sebuah tas berisi uang, surat, dan peta. Orang-orang yang tinggal di Behala kemudian harus berurusan dengan polisi yang mencari tas tersebut. Raphael bahkan sempat diseret ke kantor polisi dan dipukuli.

Isi tas itu ternyata bukan sekedar uang yang dihabiskan oleh Raphael untuk berfoya-foya. Tapi ada kunci yang bisa menguak kasus korupsi terbesar yang pernah terjadi di negara itu, dan melibatkan wakil presidennya. Pemilik tas tersebut pun ternyata korban pembunuhan, yang belakangan diketahui tewas saat diperiksa oleh polisi.

Bagaimana akhir dari cerita ini, baca sendirilah. Yang jelas saya betul-betul menikmati cerita di setiap halamannya. Menegangkan! (lits)

View all my reviews

Advertisements

Leave a comment

Filed under Fiksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s